menu

Corat Coret Di Toilet Karya Eka Kurniawan

Mode Malam

Pengarang : Eka Kurniawan
Genre : Cerpen
Status : Selesai

"Aku tak percaya bapak-bapak anggota dewan, aku lebih percaya kepada dinding toilet."

Peter Pan. Bercerita tentang si pencuri buku perpustakaan, Tuan Penyair, ia berharap akan ditangkap sehingga pemerintah benar-benar mencintai buku dan membenci pencuri buku. Bahkan sampain ribuan buku yang ia curi, pemerintah tetap saja mengabaikannya, lalu si Tuang Penyair yang kemudian memiliki julukan Peter Pan pun ingin melakukan perang gerilya. Cerita ini menyentil akan masa orde baru, di mana media dianggap berbahaya, harus dibungkam.

Dongeng Sebelum Bercinta. Tentang Alamanda yang dijodohkan oleh sepupunya sendiri, dia meminta kepada calon suaminya untuk mendengarkan dongeng Alince's Adventure in Wonderland sebelum mereka bercinta di malam pertama. Karena calon suami sangat mencintai Alamanda, dia menerima syarat tersebut. Bahkan lebih dari sebulan setelah pernikahan, Alamanda belum juga menyelesaikan dongengnya. Tentang perjodohan yang tidak diinginkan, tentang pernikahan yang tanpa cinta, endingnya begitu menendang.

Corat-Coret di Toilet. Tidak heran cerita ini menjadi judul, karena dari semua cerpen, Corat-coret di Toilet-lah yang memang fantastis. Sebenarnya ceritanya sederhana, sebuah toilet umum yang habis dicat berwarna krem yang centil. Seorang bocah berpenampilan gaya punk terkesima dengan dinding yang polos, lantas dengan spidol dia menuliskan aspirasinya akan pemerintahan saat itu. Selanjutnya, dinding toilet tersebut terisi berbagai macam komentar pengunjungnya, sarana aspirasi yang lebih bebas dan siapa saja bisa ikut ambil suara.

Si Cantik yang Tak Boleh Keluar Malam. Tentang orangtua yang sangat posesif terhadap anaknya, bahkan di usianya yang sudah beranjak 17 tahun, Si Cantik tidak diperbolehkan keluar malam. Cerita ini layaknya berpesan bahwa seorang anak kadang perlu kebebasan, karena semakin dikekang mereka akan semakin nekat.

Siapa Kirim Aku Bunga?. Berlatar pada akhir tahun 20-an di Hindia Belanda, tentang Kontrolir Henri yang memiliki kisah cinta menyedihkan, dimulai dari datangnya bunga-bunga misterius yang dikirim seseorang kepadanya. Salah satu cerita yang memiliki ending tak terduga, saya sangat menyukainya. Bahwa perlakuan jahat kita kepada seseorang suatu waktu akan berbalik, akan mendapat karmanya.

Tertangkapnya Si Bandit Kecil Pencuri Roti. Kisah memilukan lainnya, salah satu cerita yang membuat dada saya terasa sesak ketiba tiba di bagian ending. Seorang bocah kecil berumur sepuluh tahun yang kerap mencuri roti dan menjadi kriminal yang dikagumi. Bahwa kadang seseorang melakukan tindakan tercela karena terpaksa, karena tuntutan hidup, andai saja ada yang memperhatikan, ada kepedulian, maka tindakan yang merugikan orang lain tidak akan terjadi.
Loading....
Bagikan Novel ini Sebegai bentuk dukungan untuk situs ini 😊